cara menurunkan kolesterol

Cara menurunkan kolesterol yang paling mudah dan aman adalah dengan menjaga pola makan. Apa maksudnya? Maksudnya ialah anda perlu mengontrol jenis dan jumlah makanan yang anda makan. Sebab, kolesterol secara alamiah telah diproduksi oleh tubuh, tepatnya oleh hati, sebesar 80% dan 20% sisanya diperoleh dari makanan yang anda makan.

Bagaimana cara menurunkan kolesterol melalui makanan? Yakni dengan memakan makanan yang rendah lemak jenuh ataupun mengandung asam lemak tak jenuh (Omega 3). Omega 3 bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Omega 3 juga mampu mencegah pengumpulan keping darah yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah (awal dari penyakit jantung dan stroke).

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat juga merupakan cara menurunkan kolesterol anda. Serat berfungsi untuk mengikat kolesterol agar tidak mengumpul dalam darah. Selain makanan yang rendah lemak jenuh dan kaya serat, anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Sebab vitamin C berguna untuk mengatur keseimbangan kolesterol.

Beberapa makanan yang digunakan sebagai cara menurunkan kolesterol anda misalnya :

  1. Tempe, mengandung niacin (vitamin B3 yang larut air) yang mampu menurunkan kolesterol.
  2. Ikan, kaya akan Omega 3 (terutama ikan laut).
  3. Teh, menurut penelitian komponen dalam teh terbukti ampuh mencegah percepatan oksidasi kolesterol LDL (kolesterol ‘jahat’). Sehingga mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah anda.
  4. Anggur, memiliki serat dan zat catechin yang mampu menurunkan kolesterol.
  5. Kuaci, mengandung vitamin B5 dan E yang mampu menurunkan kolesterol dalam darah.
  6. Semua sayuran.
  7. Daging tanpa lemak.

Cara menurunkan kolesterol yang kedua adalah olahraga teratur.  Sebab, kurangnya aktivitas fisik dan olahraga dapat memicu naiknya kadar kolesterol. Maka, olahraga yang teratur dapat membantu menjaga lancarnya peredaran darah dan menghindari penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah anda.

Selain mengatur pola makan dan berolahraga teratur, cara menurunkan kolesterol yang selanjutnya adalah dengan mengontrol kolesterol itu sendiri. Anda dapat mengontrol kadar kolesterol darah anda di laboratorium yang memiliki layanan pemeriksaan kolesterol. Atau anda juga dapat mengontrol kolesterol secara berkala ke dokter ahli. Ada juga cara menurunkan kolesterol menggunakan cholesterolmeter. Bentuk dan cara penggunaannya mirip dengan alat pengukur gula darah.

Cara menurunkan kolesterol lainnya yaitu dengan penggunaan obat-obatan penurun kolesterol. Tetapi konsumsi obat-obatan tersebut hanya jika anda telah berkonsultasi dengan dokter dan memiliki kolesterol tinggi (hiperkolesterol). Beberapa obat-obatan hiperkolesterol yang ada di Indonesia, diantaranya :  asam fibrat, asam nikotinat, ezetimibe, resin, penghambat HMGCoa reduktase.

Beberapa yang obat yang termasuk asam fibrat dan digunakan sebagai cara menurunkan kolesterol anda adalah : Gemfibrozil, Fenofibrate dan Ciprofibrate. Obat-obatan tersebut menurunkan produksi LDL dan meningkatkan HDL.

Asam nikotinat yang merupakan cara menurunkan kolesterol disebut juga niasin (vitamin B3 yang larut air), dalam dosis tertentu niasin dapat meningkatkan produksi HDL dalam darah. Sedangkan fungsi ezetimibe yaitu menurunkan kadar total kolesterol dan LDL . Selain itu ezetimibe juga meningkatkan HDL dengan mengurangi penyerapan kolesterol di usus.

Sedangkan obat yang termasuk resin untuk menurunkan kolesterol adalah kolestiramin. Kolestiramin menurunkan LDL dengan membuangnya melalui aliran darah. Dan cara menurunkan kolesterol melalui penghambat HMGCoa reduktase antara lain : Pravastatin, Simvastatin, Rosavastatin, Fluvastatin, Atorvastatin.

Sumber : http://www.dunia-ibu.org/artikel/kesehatan/cara-menurunkan-kolesterol.html

Jangan di klik isinya halaman yang sama:

penyebab kolesterol dan cara mengatasinya, tips menurunkan kolesterol, cara menurunkan kolesterol dan asam urat, cara menurunkan kolesterol, cara menurunkan kolesterol Jahat, sebab kolesterol, PENANGGULANGAN kolesterol, petua menurunkan kolesterol, tip menurunkan kolesterol, tips menurunkan kolestrol, cara menurunkan kolesterol tinggi, apa arti dari trigisit

Leave a comment